Kontak WA Admin

Kamis, 04 Januari 2018

BIOGRAFI 
Bincang Orang Kreatif Profesional 

WAG
KOMPASS NUSANTARA
Rabu 3 Januari 2018

Bu DHIAN ARINOFA
Merchandising Guidelines

Dhian
PT. DAAI Boga
National Marketing and Sales Mgr

Kali ini yang ingin saya bagi ke teman2 semua adalah erat kaitannya dg dunia Sales dan Operational yakni Merchandising

kenapa merchandising sangat penting ?

Merchandising (MD) sgt penting Karena sebagai alasan bisnis untuk menempatkan product pada lokasi yang :
1. strategis & menguntungkan. 

2. untuk memperoleh maksimum sales disetiap penempatan product

😍

Tujuan MD ada 2 site :

A. Customer site
B. Company site

😃

A. Customer site =

1 . Mempermudah customer menemukan apa yang mereka cari

2. Membangun brand
 awareness sehingga membangkitkan minat untuk membeli, mencoba dan mengulangi pembelian

3. Impulse buying (membeli yg tdk mereka rencana kan)

4. Meningkatkan transaction

😃😃

B. Company site =

1. 3 M
( make more money )
maksimum sales disetiap display. 

2. Mempertahankan dan memelihara display yg sdh baik dan meningkatkan yg masih kurang dominant

3. Mengurangi oos maupun over stock situtation dg standart facing yg telah di atur secara optimal ( must have dan atau nice to have )

😋😋

Aspek MD

1. Product yg tepat
2. Waktu yg tepat
3. Harga yg tepat
4. Tempat yg tepat
5. Kuantitas yg tepat
6. Kualitas yg tepat
7. Cara menjual yg tepat

😍

5 Rules MD
1. Service friendly
2. Penempatan yg optimal
3. Traffic flow
4. Cross merchandising 
5. Type of promotion


👍🏽👍🏽

Diskusi & Tanya Jawab 

1. Saut Sitompul Etos:

5 RULES MD
Bu Dhian mohon di urai indikator2 dari masing2 Rules.

Dhian NSM :

1. Service friendly :
Pelayanan display yang a. ramah thd konsumen,
b. mudah dilihat,
c. mudah dicari,
d. mudah diambil dg  cepat dan efisien 

2. Ranging :
product assortment lengkap

3. eye level :
posisi dg mata konsumen

Pak Saut, ini cocok sekali untuk yg punya passion di Operations khusunya Retail

💛

2. Agung Japo Kompass: 
ASPEK MD 

Sebagai pemula seringkali sulit menentukan kapan waktu yg tepat u point ini bu Dhian. 
Mungkin ada saran? 

Dhian NSM :

A. Product yg tepat :

Pengetahuan akan product knowledge dari barang yg dipasarkan. 
- feature,
- benefit product
secara lengkap, detail dan jelas

(marketing/salesman harus memberikan guided ini secara terperinci) 

B. Waktu yg tepat

Sesuai dg schedule/timing promosinya, ontime eksekusi akan sangat berpengaruh seberapa product akan sukses di pasar


😍😍

3. Idham Azhari IT:
Pertanyaan dari saya Bu Dhian,

Saya kurang paham cara mengurangi kondisi out of stock atau over stock di dunia retail

Kalau pengalaman saya di pabrik Panasonic adalah dgn menerapkan TAP SYSTEM (jadi tidak menumpuk di warehouse) dan tentu saja menerapkan SCM & JIT 

Bagaimana dgn RETAIL ya Bu Dhian ,

mohon pencerahan 🙏🙏🙏

Dhian NSM :

Ketepatan request / taking order Bunga delivery sehingga saat program akan dijalankan setidaknya H - 3 stock sudah ready

Jadi bukan baru mau order saat promosi berjalan

H-7 usahakan harus sudah taking order. 

H-3 stock ready di gudang. 

Hari H siap display

Selain itu POsm juga harus ready dan ontime. 

Tiba di toko sehingga begitu stock ready. 

posm ready dan display siap dipasang dg berbekal komunikasi yg sdh baik dg pihak toko


Idham Azhari IT: 

Pertanyaan kedua (terakhir krn waktu terbatas) 😁😁

Bagaimana dgn e-commerce (online shop)

apakah cara VISUAL MERCHANDISING bisa dicopy kan dgn Cara offline

😊🙏

Dhian NSM :

Kalau Online sangat berbeda dg offline Pak

Online mengandalkan promosi dr sisi productnya yg lebih ditekankan spt
- disc,
- bundling
dan bagaimana bisa diposisikan di wall display webnya

Kalau offline bagaimana membuat display bisa
- outstanding di home shelf
- additional display sebanyak mungkin
dan cross merchandising

😃

4. Imam Efend 

Bu Dhian saya mw tanya di outlet biasanya g selalu dpt tempat strategis utk display krn uda keduluan kompetitor...

strategi apa yg perlu kita lakukan agar promosi kita ttp maksimal hasilnya, merchandising jg g sia2,,,

mohon pencerahannya bu

🙏


Dhian NSM :


1. Relationship harus menempati posisi utama dalam Hal ini Pak,

2. ketepatan request / taking order Bunga delivery sehingga saat program akan dijalankan setidaknya

H - 3 stock sudah ready

Jadi bukan baru mau order saat promosi berjalan

Selain itu POsm juga harus ready dan ontime Tiba di toko sehingga begitu stock ready, posm ready dan display siap dipasang dg berbekal komunikasi yg sdh baik dg pihak toko


 Imam Efendi :

berarti kita bs meminimkan budget n dpt hasil yg lumayan y bu saat kita g dpt tempat yg strategis bila kita pake cara tsb?

hmmm masuk akal juga sih bu...

terimakasih masukannya 🙏

Dhian NSM :
Betul Pak Imam 😊

Imam Efendi :

intinya utk dpt hasil maksimal dgn low budget n space kita cukup pake cara tsb n manfaatkan relationship yg baik dgn pihak toko....mantapppp 🤘

😍😍

5. Nicho Sunur:

Selamat malam bu Dhian

Saya mau menanyakan pengalaman ibu dalam hal MD

1. Bagaimana cara kita menentukan sebuah posisi itu tepat atau tidak dalam sebuah supermarket

2. Bukankah posisi sebuah barang disupermarket sudah ditentukan oleh pihak supermarketnya?


Terima kasih Bu Dhiah


Dhian NSM :

Malam Pak Nicho, tempat yg tepat itu bisa dibedakan oleh 2 aspek :

Primary :
highest traffic,
high traffic

Secondary :
best alternative area


Yg harus dihindari adalah dangerous area Pak, yakni :
- low traffic,
- restricted area

Misalnya :
product Confect di display di area insect killer, detergent dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENTING

*JELI MELIHAT PELUANG*

  *NEBENG SUKSES TETANGGA* DI sebuah jln di kawasan Renon - Denpasar Bali Baru dibuka bbrp bln lalu slh satu gerai Mie Gacoan. Sekitar 300 m...

Postingan Populer