Kontak WA Admin

Rabu, 04 Juli 2018

Resume πŸ—£πŸ—£πŸ—£

​Rules Kulwag PSI
Jum'at 3 Juli 2018

Pemateri   : GM Agung
Moderator : Sisca
Notulen     :  Nelan

*"9 Alasan Karyawan Menolak Perubahan"*

Pertanyaan besarnya adalah Mengapa kita harus *BERUBAH* ?
Kita harus berubah karena : 


Kita sebagai individu yang berada di dalam sebuah organisasi, baik itu di dalam
● kantor
● rumah tangga
● komunitas sosial

Kita *WAJIB mampu & mau* untuk _*merespon perubahan.*_


Karena perubahan itu adalah SESUATU yang cepat/lambat PASTI TERJADI.

Dalam hidup ada banyak ketidak pastian. 

Ada 2 yang pasti !

Yaitu : 

1. ⚰ kematian 

2. ⏳ *PERUBAHAN*

πŸ’πŸ’πŸ’


Apa saja benefit yang biasa kita dapatkan jika mampu merespon perubahan ? 

1. Perubahan itu *perTANDA* kita *HIDUP*


Mengapa bisa disebut pertanda kita hidup ? 🀨

Panjang dan pendeknya usia organisasi dan perusahaan kita sangat tergantung pada *KEMAMPUAN* kita untuk _*berADAPTASI*_ terhadap *PERUBAHAN* dan *PERKEMBANGAN* jaman.

Contoh : 

Kodak film mulai tersingkir sejak tahun 90 an 

Industri cuci cetak film tergeser oleh industri digital. 

Roll film tergeser oleh kamera Digital tahun 2000 an. 

Kodak merespon dengan cara menjadi penghasil produk kosmetik 

Setelah melihat peluang banyaknya Klinik Estetika atau klinik kecantikan
Contoh ke 2


HP Nokia yang merajai tahun 1995 

Tergeser oleh Blackberry tahun 2005 

Blackberry tergeser olah smart phone yang touch screen pada tahun 2010
Kodak sukses merespon perubahan

Sedang contoh ke 2, gagal merespon perubahan dengan cepat
2. Perubahan itu *membawa _HARAPAN_*


Perubahan itu pasti membawa HARAPAN HIDUP yang lebih BAIK dan menyenangkan. 

● hidup jadi lebih baik, nyaman dan sehat

Misalnya : 
Penerangan itu dimulai dari 
πŸ•―lilin --> lampu minyak tanah --> πŸ’‘Bohlam pijar --> Lampu hemat energi tabung --> Lampu LED

● sistem kerja jadi lebih simple & efisien 

Misal : 

Pembayaran dari antri setor πŸ’΅ uang di 🏒 bank 

Sekarang bisa via SMS πŸ“³ or Internet banking πŸ“Ά

3. Perubahan membuat kita *TANGGUH* dan semakin *CEMERLANG* dalam karir serta kehidupan kita sehari2.


Ular adalah binatang purba sejak jutaan tahun sebelum Masehi 

Ular merespon perubahan dengan berganti kulit 3 - 6 kali dalam setahun

Apa saja penyebab SDM menolak perubahan dalam organisme ?
*1. GAGAL PAHAM*


"😑 apa sich maksudnya boss ?
Pusing deh kepala gue 😭"


Karyawan gagal memahami *alasan & kebutuhan* akan perubahan di kantor karena : 

● sudah merasa nyaman dengan kondisi sekarang ini.

● kurang peka 

● merasa baik2 saja dengan kondisi sekarang

● menunggu orang lain yang terlebih dahulu 

● merasa sudah di puncak performance dan jadi market leader

*2. TAKUT akan sesuatu yang ASING & BARU*


Ini sebenarnya cukup manusiawi karena orang tendensi menyukai dan nyaman dengan kebiasaan lama. 

Mereka membenci perubahan karena di dalam mindset mereka itu, saat menghadapi hal baru itu berarti : 

● capek beradaptasi
● perlu belajar lagi 
● merasa ada tamba beban kerja 
● ada kemungkinan akan tersingkir dan di PHK

*3. FOCUS pada KEGAGALAN*

Peluang di masa depan itu ada 2, yaitu 
★ SUKSES  πŸ†
✩ gagal      πŸ‘ŽπŸ½

Anak buah menolak perubahan karena fokus mereka pada faktor *"jika nanti aku gagal* 😭

Ini bisa terjadi karena : 

● adanya informasi yang setengah2 dan tendensi gosip murahan. 

● kita sebagai pemimpin sering kali memotivasi dengan cara *menakut2i* akan *kesengsaraan* jika gagal.

Maksudnya baik dengan memotivasi kegagalan dan kesengsaraan supaya anak buah bisa keluar effortnya.

Tapi yang terjadi malah jadi benar2 takut.

*4. Anak buah tidak punya cukup KOMPETENSI yang menDUKUNG untuk perubahan.*


Perubahan itu pasti menuntut dan membawa KEWAJIBAN kepada anak buah untuk meningkatkan :
※ skill
※ knowledge
※ Attitude

Contohnya : 

Di era digital ini, perusahaan perilaku konsumen beralih ke Market Place atau on line 

Tapi anak buah lupa dibekali ilmu DIGITAL MARKETING 

Tentu mereka akan kesulitan saat berjualan

Contoh lainnya : 

Anak buah lupa dikasih ilmu negosiasi dan public speaking 

Sales yang biasanya menghandle pelanggan kecil (10 jutaan) 

diberi tugas menghandle customer grade A 
Omset Ratusan juta 


Hasilnya 
● anak buah minder 
● pelanggan kabur karena merasa tidak dilayani dengan prima

*5. Rendahnya KREDIBILITAS PEMIMPIN dimata πŸ‘ anak buah*


Anak buah menolak perubahan karena kredibilitas kita rendah dimata mereka. 

Kita harus introspeksi diri ! 
Mengapa ?


Bisa jadi karena 2A ini : 
● _*ATTITUDE*_
    sikap mental kita buruk.
● _*APTITUDE*_
     skill kita belum mumpuni.

Seorang pemimpin bisa tidak efektif dalam memimpin meskipun punya *OTORITAS* 

Kepemimpinan akan sangat efektif dan kredibel jika punya :
※ *PENGARUH* yang kuat 
※ *POSISI* atau *OTORITAS*

Jika kita punya pengaruh besar dan meski tanpa otoritas pun.
Kita akan mudah memimpin.
*6. Rendahnya RASA PERCAYA DIRI anak buah.*


Anak buah harus punya rasa percaya diri yang tinggi saat menerima perubahan.
Mengapa anak buah punya kepercayaan diri yang rendah ? 

Karena ..




A. Fasilitas kerja yang minim sedangkan tugasnya menuntut sarana kerja yang baik.
B. Kita terlalu mengobral kritik & ancaman hukuman.

Jarang sekali memuji.
C. Kita terlalu focus pada kelemahan anak buah. 

Mengecam kelemahan dan terus menghakimi serta memberi label tertentu yang tendensi merusak/negatif.
● si goblok 
● si oon
● master tulalit
D. Self Esteem yang rendah karena saat dirumah tidak pernah disanjung orang tuanya. 

Misalnya : 
Walah kamu ini !
Dirumah aja malu ama tamu, bagaimana kamu bisa kerja di customer service

*7. RENDAHnya KETERLIBATAN anak buah dalam perusahaan*

Ini bisa terjadi karena kita terjebak stigma :

 "ATASAN & BAWAHAN" 

sehingga anak buah hanya merasa jadi object alias pembokat alias robot hidup 
Bisa juga kita sebagai atasan terlalu *ONE MAN SHOW*

Semua dikerjakan sendiri  dan tidak menghargai anak buah 

Hasilnya anak buah akan 
● pesimistis 
● apatis 
● kurang perhatian kepada perusahaan

*8. POOR COMMUNICATION*

Rendahnya kualitas komunikasi antara pimpinan dan bawahan.

2 Esensi dari komunikasi adalah : 

● Respon dari anak buah sesuai yang inginkan dan kita dapatkan. 

● sejujurnya kita πŸ’―% bertanggung jawab atas komunikasi yang kita buat. 
[bukan anak buah kita]
Maka saat kita berkomunikasi dengan anak buah. 

Kita wajib untuk : 

★ meminta feed back sesaat setelah menyampaikan informasi.

Supaya kita paham seberapa besar informasi kita diserap secara baik, benar dari anak buah. 


★ kita harus paham type kepribadiannya.

★ kita harus tahu gaya komunikasinya.

*9. Perubahan STATUS QUO*


Dan sesungguhnya, perubahan itu juga *mencemaskan* kepada orang2 yang paling *CEMERLANG* 


Mereka berfikir :
_Wah jangan2 nanti sistem yang sudah kita buat dengan susah payah akan diganti_ 

Jangan2 saya nanti juga tersingkir dan diganti.

Solusinya : 

Lakukan personal Approach kepada mereka.
Dan tanamkan mindset juara 

Mungkin kita bisa tersingkir dari tempat lama.

tapi jika kita expert dan pintar beradaptasi.
Kita maka kita bisa cemerlang ditempat lain

*Hadapilah perubahan dengan Damai dan Positif*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENTING

*JELI MELIHAT PELUANG*

  *NEBENG SUKSES TETANGGA* DI sebuah jln di kawasan Renon - Denpasar Bali Baru dibuka bbrp bln lalu slh satu gerai Mie Gacoan. Sekitar 300 m...

Postingan Populer