Kontak WA Admin

Senin, 12 Februari 2018

*Resume Kulwa Jumaat* 
Tgl : 9 Feb - 2018 

Ternyata orang membeli Bisa karena *"NEED"* 
dan juga bisa karena *"WANT"*
Apakah itu benar ?

Saya ambil dari literatur ya.. Ga papa ya..

Hubungan Needs, wants and demands ???

Tahukah anda apa itu needs, wants dan demands?

Dalam kamus bahasa Inggris Indonesia dapat anda temukan bahwa needs adalah kebutuhan, wants adalah keinginan dan demands adalah permintaan. Lantas bagaimana hubungan ketiganya?

Marketer atau pemasar harus memahami kebutuhan, keinginan dan permintaan dari target market_nya.

Kebutuhan menggambarkan tuntutan paling mendasar dari manusia. Manusia membutuhkan makanan, udara, pakaian dan tempat tinggal agar bertahan hidup. Manusia juga memiliki kebutuhan yang kuat akan rekreasi, pendidikan dan hiburan.

Kebutuhan-kebutuhan ini akan menjadi keinginan jika diarahkan kepada hal-hal yang sifatnya spesifik/khusus. Orang Amerika butuh makan, tetapi mereka ingin makan humberger. Orang Indonesia butuh makan dan ingin makan nasi. Demikianlah, kebutuhan itu dibentuk oleh latarbelakang sosial budaya.

Selanjutnya apakah yang dimaksud dengan demand/permintaan?

Demand adalah keinginan terhadap produk tertentu yang didukung oleh daya beli. dengan demikian, jika keinginan tak didukung oleh daya beli, maka hal ini bukanlah "demand".
Banyak orang menginginkan mercedes, tetapi hanya sedikit yang mampu dan ingin "membeli"nya.

Perusahaan harus mengukur, tidak hanya berapa orang yang menginginkan, tetapi juga berapa orang yang memang betul-betul "ingin membeli" dan "mampu membeli".

Saya langsung pakai bahasa pasar aja, karena NEEDS itu kebutuhan, bisa diberi contoh 
Kebutuhan Makan
Kebutuhan Minum
Kebutuhan Kendaraan
Kebutuhan memakai Baju

Nah, selanjutnya, yang namanya manusia banyak keinginan, ini mengarah ke WANTS.

Ingin makan, tapi inginnya di KFC.....
Ingin minum, tapi inginnya minum PEPSI...

Ingin kendaraan, inginnya merek HONDA
Ingin baju, maunya merek MARKS & SPENCER (apaan nih??? ha ha ha...)

Disini sebenarnya orang yang bekerja di bidang Marketing dan Sales, harus jeli memantau NEEDS dan WANTS target konsumennya.

Misalnya market SUSU (ini positif lho ya!!!).

Jika di kota kita banyak BAYI, tentunya, SUSU menjadi NEEDS (alias kebutuhan yang tidak bisa dielakkan)

Nah, disinilah peran kita sebagai orang sales, harus mampu merubah "OTAK" sang Ibu, agar memiliki keinginan membeli produk kita. (karena, biasanya sang ibu sudah punya target kalau ke pasar, misalnya INGIN beli susu MORINAGA....).
Bagaimana upaya kita merubah keinginan sang Ibu, supaya jangan beli produk Morinaga, tetapi membeli produk yang kita jual, misalnya susu RAJANAGA....)

Makanya biasanya kita semua, agar bisa merubah keinginan pembeli atau konsumen, beramai-ramai memajang produk kita di mana mana, baik di Primary maupun Secondary Display....

Itulah salah satu fungsi pajangan.

# PSI .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENTING

*JELI MELIHAT PELUANG*

  *NEBENG SUKSES TETANGGA* DI sebuah jln di kawasan Renon - Denpasar Bali Baru dibuka bbrp bln lalu slh satu gerai Mie Gacoan. Sekitar 300 m...

Postingan Populer