Kontak WA Admin

Jumat, 13 April 2018

Notulen Kulwa 10 April 2018

Pemateri  : Coach Handito 
Moderator : Desty
Notulen    : Arief Ahmad 
Materi      : Business strategy 


Dan pertama-tama, kita mulai dari APA ITU STRATEGY?

Kalau kita coba ketik word STRATEGY di google, ada lebih dari 640 juta tautan yg muncul.

saya akan ambil definisi strategy dari salah satu pakar Strategi yg paling Popular yaitu Michael E Porter.

Mungkin teman2 sudah pernah mendengar nama beliau. Jadi menurut beliau, strategy adalah "Framework which guides those choices that determine the nature and direction of an organization".

Or in simple Strategi adalah panduan bagi suatu organisasi untuk menentukan arahnya.

or they have wrong strategy.

Beberapa waktu yang lalu ada suatu penelitian yg menarik dari Booz & Allen (Salah satu strategy consulting firm ternama, selevel dengan BCG, Bain, And McKinsey) bahwa turunnya nilai saham suatu perusahaan MOSTLY dikarenakan POOR STRATEGY dan LACK EXECUTION.

kalau kita lihat dari graph diatas, terlihat bahwa nilai saham yang turun sebagian besar disumbang oleh kesalahan strategi

[10/4 20:19] Gm Agung N: Bagaimana cara membuat strategi yang tepat 

*PERTANYAAN*
Strategi apa yg di terapkan untuk di masa yg skrg dan inovasi inovasi yang seperti apa yg di lakukan spy strategi goal.

*JAWAB*
Sebelum kita tahu strategi apa yg sesuai kita perlu punya data dan informasi yg cukup pak. Tanpa adanya data dan informasi akan sulit menentukan strategi apa yg terbaik.

Seluruh rangkaian proses dari kita membuat strategi sampai kita melakukan eksekusinya dinamakan STRATEGIC MANAGEMENT.

Pada intinya STRATEGIC MANAGEMENT adalah pendekatan yg digunakan untuk mengatur sumber daya yg ada supaya strategi organisasi bisa tereksekusi dengan baik.

Bagaimana kita mengarahkan seluruh sumber daya organisasi untuk menuju ke arah yg sama sesuai dengan perubahan Lingkungan (Consumer Behavior, Technology, dll)

Bisa dibayangkan seandainya tidak ada Strategic Management, dan organisasi masih berada di fase 1? Nasibnya akan sama seperti KODAK, SEGA, dll.

So bagaimana untuk kita bisa memulai rangkaian proses Strategic Management tersebut?

Ada beberapa pendekatan yg bisa digunakan, tapi untuk kali ini saya secara khusus akan menggunakan pendekatan berdasar BSC or Balance Score Card.

Point penting dari Balance Score Card ini yaitu Strategi akan dilihat dari 4 sudut pandang/perspectives
1. Financial
2. Customer
3. Internal Process
4. Learning and Growth

logika dasarnya seperti pada gambar
1. Supaya bisa sukses secara finansial, perlu mendapat profit
2. Supaya bisa mendapat profit, kita perlu pelanggan yg loyal yang puas dengan layanan kita
3. Supaya pelanggan kita bisa puas, proses internalnya harus baik
4. Proses internal yang baik didapatkan dari orang2 yang capable

jangan mengharapkan proses kita baik tanpa didukung orang2 yg berkualitas.

Lalu bagaimana kita mengimplementasikan BSC tersebut?

Prosesnya dimulai dengan

1. Melakukan assessment internal dan external or bahasa umumnya SWOT

*PERTANYAAN*
Pak dri 4 sudut td itu yg paling utama ato mendasar yg mana apa hars 4 nya sejalan.

JAWABAN
kalau kita kembali ke fundamental logicnya, kita bisa lihat tidak ada yg lebih istimewa antara satu perspective dgn yg lain.

PERTANYAAN.
Bisa kasih contoh riil 

S-O

W-0

S-T

W-T


*JAWABAN*
Kalau belum ada poin dari Strength dan opportunity saya agak sulit menjawabnya pak. Tapi sebagai gambaran saja dari yang pernah saya buat, salah satu contoh dari Strength perusahaan adalah mempunyai customer yang loyal dan opportunitynya yaitu dari sisi government ada endorsement dan need yg bervariasi.
Dari gambaran Strength dan opportunity tersebut akhirnya strategi yg saya pilih yaitu menambah portfolio produk.

*PERTANYAAN*
Kalau mau melakukan pembenahan, mana dulu yang musti dibenahi coach dari ke 4 hal ini.

*JAWABAN*
Apakah semua2nya bermasalah? Jika iya maka kita pilih problem yang paling chronic yang mempunyai dampak terbesar dalam organisasi.

*PERTANYAAN*
coach, pertanyaan saya bagaimana sebuah perusahaan menentukan berapa persen growth profit yang harus di dapat dalam kurun waktu tertentu. karena kalau saya lihat yang menentukan awalnya adalah segi financial. which is akan berdampak pada 3 faktor lainnya.🙏🙏 CMIIW.

JAWABAN.
market growth sangat ditentukan oleh
1. Growth dari Industri
2. Seberapa banyak market share yg bisa kita ambil dari kompetitor

Supaya kita dapat angka valid mengenai estimasi dari growth tersebut, maka kita harus tahu berapa % growth dari Industri (Analisanya cukup kompleks untuk ini) dan berapa market share yang akan kita bidik.

PERTANYAAN.
Saya tanya coach. Kenapa kita harus memakai tools swot  kenapa kok ga pakai tools lain?  

Kapan waktu yang efektif untuk pengggunaan dr macam2 jenis tools management strategic tersebut?

*JABABAN*
Sebenarnya tidak harus, tapi tools tersebut termasuk salah satu yang paling populer. Pakai tools lain boleh saja yang penting adalah apa objective yg hendak kita capai dengan menggunakan tools tersebut.

*Muqin bisa kasih ilustrasi nya coach case*

*COACH HANDITO*
Contoh pada tahapan generate strategy, tools yang kita pakai seperti GE Matrix, TOWS Matrix dll.

Pada tahapan ini kita melakukan scanning menyeluruh terhadap kondisi perusahaan baik dari sisi internal dan external. Proses ini bisa memakan waktu yang sangat lama, karena untuk membuat SWOT yang benar2 baik diperlukan data yang reliable dan juga forecast baik terhadap kondisi mikro dan makro.

Kalau untuk internal Strength dan Weakness kita tinggal korek2 aja dari internal perusahaan.

Tapi kalau untuk external assessment salah satu tools yg familiar dipakai adalah PESTLE Analysis.

PESTLE Stand for Politic - Economy - Social - Technology - Legal - Environment.

Kalau hal tersebut tidak dipertimbangkan sebagai salah satu faktor, dan kita abaikan apa dampaknya terhadap bisnis?.

Kenapa hal ini sangat penting karena.
1. Business pasti terkait dengan kondisi politik di suatu negara
masih ingat case BREXIT dan Catalona yang ingin merdeka?

*PERTANYAAN*
Cm blm semua management level mengetahui. Jd emang perlu edukasi.

*JAWABAN*
yah masih banyak yang belum sadar bahwa ada external faktor yang sangat berperan terhadap bisnis.

Situasi politik dari suatu negara sangat berpengaruh terhadap bisnis.
dan sustainability dari bisnis itu sendiri.

Economy : Sangat jelas kaitannya bahwa bisnis terkait dengan kondisi makro ekonomi di suatu negara.

PERTANYAAN.
Makro dan mikro perlu di tarik benang merah nya bukan begitu coach?

JAWABAN.
Ditarik benang merah dan dianalisa bareng2 pak. Ga bisa dipisah.

lanjut tentang ekonomi, kenapa Indonesia saat ini menjadi salah satu negara tujuan investasi terbesar?

Salah satu karena Economic growth kita termasuk yang paling baik diantara negara2 lain.

Jadi sebagai seorang pebisnis juga wajib tahu kondisi makro ekonomi juga.

rajin2 baca Wall street, Forbes, Bloomberg dll hehehehehe.

Contoh dampak besar : Regulasi baru terkait transportasi online.

Grab, Uber(dulu), dan Gojek berusaha mati2an beradaptasi.

terkait Social/Culture.
Ini juga saat ini yang sedang menjadi trend dimana semua menuju ke era digital
Akhirnya hal ini juga membuat behavior/culture dari masyarakat berubah
Sekarang cenderung terjadi pergeseran consumer behaviour.

semua ingin dilakukan secara instan melalui smart phone
dan semua applikasi bisa didapatkan secara gratis melalui open source.

Ini dulu yg tidak disadari oleh Nokia.

Karena mereka tidak aware, akhirnya dikalahkan oleh perubahan jaman.

or istilah kerennya DISRUPTION.

Teknologi, banyak contoh kenapa kita harus melakukan assessment terhadap adanya perubahan teknologi.

Dimulai dari jaman kuda digantikan oleh mesin uap....
mesin ketik digantikan oleh komputer.

dan sampai sekarang teknologi terbaru melalui adanya Artificial Intelligence yg semakin canggih.

PERTANYAAN.
Mau tanya walaupun semua serba digital ... tp ada beberapa produk yang tetap exis  sampai skr misalkan Album foto padahal mereka tidak menggunakan strategi masa depan bgmn penjelasannya coach 🙏

JAWABAN
meskipun tetap exist tapi market sharenya apakah sebesar dulu dibandingkan sebelum adanya Instagram, Facebook dll?.
mereka lebih suka exist di Instagram, Facebook, Path, Pinterest, dan lain2.

Salam Sales Kerennya

Ttd 
All Member KAMPUS PSI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENTING

*JELI MELIHAT PELUANG*

  *NEBENG SUKSES TETANGGA* DI sebuah jln di kawasan Renon - Denpasar Bali Baru dibuka bbrp bln lalu slh satu gerai Mie Gacoan. Sekitar 300 m...

Postingan Populer