Kontak WA Admin

Sabtu, 07 April 2018

Resume Kulwa 6 april 


Malam ini kita mau bahas ttg marketing vs sales,
Dan lbh dalam tentang marketing intelligence yg ada di dalam business intelligence.


*Marketing vs Sales*

Apakah kita tahu perbedaan Marketing dan Sales?

Sebelum membahas ttg ini, mari kita berpikir sejenak.

Tanpa marketing, kita tdk akan mendapatkan prospek klien yg bisa kita follow up. 
Dan tanpa sales teknik & strategy yg baik, closing rate kita tentu tdk akan memuaskan.
Marketing dan sales harus bekerja secara sejajar dan berkesinambungan. 
Tetapi, dlm bbrp perusahaan, dua departemen itu bahkan seringkali tdk saling terkoordinasi dg baik.

Your marketing should consist of strategies that you can measure your reach and work to persuade your prospects that you are the company for them. It's the message that prepares the prospect for the sale. It could consist of advertising, public relations, social media, relationship marketing, brand marketing, viral marketing. And direct mail.

The sales process consist of interpersonal interaction. Often done one-by-one meeting, cold calls, and networking. 
It's anything that engages you with the prospect or customer on a personal level rather than at a distance. Most of the time the prospect or potential customer has been driven to you via marketing efforts.
Lets think like this. 

Your marketing efforts begin the process of the eight contacts or touchpoints that studies show it takes to move a prospect or potential client to the close of the sale. If marketing is done effectively you can begin to move that prospect from the status of a cold lead to a warm lead
Integrating sales and marketing?


You could try the following methods of contact:

*cold lead strategy* send out a direct mailing or offer them a special promotion

*warm lead strategy* try to follow up call, send out a sales letter, schedule a special seminar or training session to get all of your warm leads together. 

Once you've moved your prosprct to the *warm* level. It's time to proceed in *closing the sale*
Jd, apakah selama ini kita sdh tau peran yg kita mainkan di pekerjaan kita?

Yg mana bagian dr marketing dan mana bagian dr sale job?
Saya yakin banyak RR disini yg mengerjakan dua hal ini secara berkesinambungan tanpa tau jenis atau batas perbedaan nya.

Jd kalau boleh di koreksi.. Ga ada itu marketing Kartu Kredit.. Adanya sales... Krn dia harus closed the application in to the credit card released.

Tanya pendekatan marketing yg terbaik perlu disesuaikan karakter industri jgkah? Atau bs one fit to all?

*Tanya*

Cara menaikan effective call gmn bu?

*Jawab*
semua industry memiliki uniqueness sendiri. Namun, jika bicara ttg marketing, pendekatan nya bs melalui sosmed dll. Wait lang
Perlu di data dulu
Brp call dibikin dlm sehari?
Yg pindah dr cold calls ke warm cold brp banyak?
Kenapa angkanya cm segitu?
Salah sasaran kah?
Drmn sumber datanya?
Apakah data ini valid?

*Tanya*

Ini sdh masuk ke marketing intelligence
Apa hubungannya Sales- Marketing dengan Promosi dan Distribusi Coach? 

*Jawab*
Karena banyak posisi di FMCG yg skill requirements nya harus paham tentang marketing, sales, promosi dan distribusi. 
Apakah ada benang merahnya? Atau ada tahapannya? Atau ada klasifikasinya?
Kebanyakan di FMCG 4 roles ini jd satu ya..
Dan bukan di FMCG saja,
Saya pun di start up company memegang roles yg sama.
Marketing adalah campaign to brand awareness

Sales adalah get the order..

Promosi adalah part dr marketing strategy
Distribusi melalui agent adalah part of sales.

*Tanya*:

Berbicara antara marketing dan sales yg terjadi atau yg sy lihat scr de facto saat ini ibarat tom n jerry,yg sbnrnya bisa saling berkolaborasi scr sinergi mnrt coach merry gmn melihat fenomena sprti ini?

*Jawab* :
Seperti saya sampaikan diatas bahwa banyak sekali perusahaan besar yg bahkan si tom dan jerry nya ga saling bicara
Disini letak kepincangannya si tom kirim email ke mana mana Tp ga di fu mana yg interest and  potential.
Akhirnya sales melakukan hal yg sama

*Tanya*
1. Pricing roles siapa?
2. Bisakah closing sales tanpa marketing?

*Jawab* :
Wasting of time
Pricing roles ada di marketing,
Disini lah marketing intelligence bermain.
Mereka melakukan riset produk kita ada di lini mana?
Medium atau premium?

Jangan sampai si sales memasarkan barang premium ke market medium
Ga akan pernah closing.

*Tanya* :
Kalau ada istilah trade marketing, itu tugasnya sama brand manager bedanya apa coach?

*Jawab* :
Trade marketing yg saya tau adalah ketika produsen melakukan pemasaran melalui channel atau distributor.

Brand manager adalah seseorang yg di tugaskan melalukan campaign thdp sebuah produk
Td kita banyak bahas ttg marketing dan sales.
Semua cm tau marketing ngabisin duit utk promo,
Media tv, radio, internet, dll

Tp apakah kita tau kalo marketing tugasnya sebenernya lbh dr itu?

Ada yg namanya marketing inteligence


1. Dimanakah perusahaan harusnya meletakkan lbh banyak sumber dayanya?
2. Market manakah yg mau di push
3. Apakah ada pola tertentu dr customer behaviour kita?
4. Produk apakah yg bs di cross-selling ke existing client kita
4. Di area manakah (demography) perusahaan dapat memasarkan produk baru dan meningkatkan penjualan existing produk
Utk sebuah perusahaan kecil, tugas marketing inteligence ini seringkali terbenglalai krn memakan waktu yg tdk sedikit. Krn personil terbatas, kerjaan jd satu, hasil kurang akurat, data pun bs jd ga valid analisa nya.
Cara paling mudah utk melakukan marketing inteligence bagi perusahaan yg memiliki website, adalah dg memantau traffic di websitenya. Siapa aja yg mampir, kapan, produk apa yg sering diliat, dll
Lalu ada juga software nya, banyak dijual seperti pentaho dan sisence (saya ga akan bahas ya)  🙏

Lalu ada cloud services seperti oracle, birst, yg memudahkan kita berbagi informasi terkait business inteligence di bbrp unit usaha. 

Lalu kita bs menyewa market intelligence analyst Dll
Apa sih keuntungan dr marketing intelligence?

Begitu informasi kita dapatkan, lalu diproses, dianalisa, kita bisa membuat keputusan penting, termasuk menentukan market opportunity dan menciptakan matrix market development
Marketing intelligence ini adalah bagian dr business intelligence

Sebuah alat yg akan membuat bisnis kita sukses jika kita tau cara menganalisa, mengaplikasikan dan selalu mengevaluasi setiap prosesnya
Contoh dr business inteligence

ERP (enterprise resource planning)

Sebuah alat yg memproses dan memanage informasi yg berlangsung disebuah perusahaan

Database yg user friendly yg bs diakses dan digunakan oleh semua bagian

Dg tools yg ada, akan bs dilihat analisa performa, membuat laporan, analisa data dan membuat perencanaan atau target kedepan (forecast)

*Tanya* :
Krna busines process utk start up, FMCG, property itu sangat berbeda coach. Apakah jika mereka sanggup membeli ERP, apakah bisa customized setting sesuai jenis usaha nya?

*Jawab*:
ERP itu tailor made Pak
Dibuat sesuai kebutuhan usaha.
Jd bs diaplikasikan dimana saja
Makin complicated yg diminta.. Tentu makin mahal
Itu seperti oracle, atau business intelegence software seperti SAP.

*Tanya* :
Malam coach. Indikator dan metode dalam analisa data dr marketing intelegent. Apa aja dan implementasinya bagaimana?

*Jawab*:
Biasanya yg dilakukan adalah membuat matrix pak, Swot analisa, Bisa ke tiap jenis produk
Dianalisa best produk nya apa, lalu knp bs best selling?
Kenapa ada produk yg susah dijual?
Semua berdasarkan SWOT ANALISA nya
Data nya dr ERP adalah valid.
Kita tau diskon nya brp
Margin nya brp
Dimana aja laku nya,
Dimana gk lakunya.
Siapa salesnya
Salesnya pake metode seperti apa? Dll
System reward ke sales person jg lbh transparant
Bukan atas dasar like or dislike dr atasannya.

*Tanya*:
Krn datanya valid
Bu Merry..boleh tanyakah
Trik jitu apa yg bisa dipakai untuk closing target scr sehat tnpmelakukan bom akhir bulan dan drop size diluar potensi outlet
Thanks🙏?

*Jawab*:
Begini.....
Kenapa kalo jualan selalu kita yg minta mereka beli?
Mereka akan beli kalo butuh,
Butuh krn stok sdh habis.

Kita balik ya...

Apa mereka ga butuh kita secara personal?
Butuh jd temen?
Tempat berbagi visi?

Pengalaman saya, orang beli barang saya tanpa saya ngemis,
Krn apapun yg mereka tanya, saya bs bantu jawab atau carikan solusi dg link saya
Akhirnya, mereka yg nanya Lu jualan apa? sini gw beli deh..
Tahap personal approach sbg "kawan" jgn di skip ya.
Tanpa itu kita akan ngemis PO tiap bulan

Trik nya bagaimana??
Hati yg bersih
Berteman tanpa pamrih
Kalau kita murni berteman 
Mereka akan merasakan kok
Ga perlu gembar gembor
Apa yg kita tunjukkan dg perilaku lbh mengena drpd kata2.

*Tanya* :

Mau tny coach...apa beda ATL dan BTL...mksh

*Jawab*:
ATL above the line

Terdiri dr advertising activity yg memfokuskan pada pengenalan produk secara luas ke masyarakat.
Membangun brand dan menginformasikan produk ke customer
Seperti iklan TV, radio dll.

BTL below the line
Spesific dan direct ke group target konsumen, direct marketing. 
Seperti banner,
Billboard, sponsorship, direct mail, mobil promo bergerak dll


Through the line atau TTL.
Digital marketing melalui aplikasi misalnya.
TTL ini gabungan dr ATL dan BTL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENTING

*JELI MELIHAT PELUANG*

  *NEBENG SUKSES TETANGGA* DI sebuah jln di kawasan Renon - Denpasar Bali Baru dibuka bbrp bln lalu slh satu gerai Mie Gacoan. Sekitar 300 m...

Postingan Populer