Kontak WA Admin

Minggu, 07 Oktober 2018

Resume kulwag πŸ—£πŸ—£

Jumat 05 okt 2018
Pemateri   : Coach GM Agung Nugroho
Moderator : Hendra
Notulen     : Cholik


Teman2 ijinkan saya berbagi ya..

Thema nya building self Esteem,
Ada yang tahu arti *SELF ESTEEM* ?

Ini pengalaman pribadi saya saat memimpin team sales
Tahun 2016.
Kami membuka kantor cabang baru di Yogyakarta,
Perusahaan kami ini punya banyak keunggulan, yaitu :

1. punya pabrik pengolahan tembaga & alumunium terbesar di Indonesia
 
Pabrik kabel lainnya beli kawat tembaga di kantor.

2. Punya 2 pabrik kabel 

3. Punya outlet sekitar 20 

4. Distributor terbesar untuk alat listrik ternama

Tapi ....

Kenapa Sales saya belum bisa berkembang ?
Padahal kami besar dan banyak keunggulan.
Kami sangat disegani oleh distributor lainnya.
Sales dari perusahaan lain sering minder dengan kami 

Mereka bilang : 
Enak jadi Sales ya Pak GM.
Jualannya barang bermerek dan fast moving semua
Tapi kenapa sales saya minder, takut2 jualan ??

πŸ™„

Padahal sudah saya training salesmanship dan joint visit

πŸ™„πŸ™„

Hasilnya dibawah standart
Ternyata setelah saya telusuri history & latar belakang keluarganya.....
Sales ini punya SELF ESTEEM yang rendahπŸ˜”

Apa arti SELF ESTEEM ?

Self Esteem : 
Suatu perasaan dimana seseorang *merasa dirinya BERHARGA* dan *merasa BANGGA* terhadap dirinya sendiri.
Jadi Self ESTEEM itu 
Bagaimana cara kita memandang & menilai diri sendiri.
Seorang sales harus punya self Esteem yang tinggi dalam bekerja.

Manfaat dari SELF ESTEEM yang Tinggi :

Self Esteem yang tinggi artinya paham dengan potensi diri *tanpa merendahkan orang lain*

1. Punya pandangan hidup jelas, tegas terhadap :

● TUJUAN HIDUP
● JATI DIRI
Tinggi rendahnya Self Esteem sangat mempengaruhi seluruh aspek dalam hidupnya
Menurut Dr Joyce Brothers : 

Self Esteem sangat mempengaruhi & menentukan :

● karier kita saat ini 

● income yang kita peroleh saat ini.

● pasangan hidup yang kita pilih 

● kualitas perlakuan orang lain kepada kita.

Jika SE kita tinggi, maka orang lain akan respek dan hormat kepada kita.

SE sangat dipengaruhi oleh kehidupan masa kanak kanak 

1. Jika kita sebagai orang tua sering memarahi dengan negatif.
● mengejek 
● memberikan label (-)
● menjatuhkan mental
Alhasil anak akan jadi rendah diri, kurang percaya diri

2. Jika sering memuji, mengapresiasi kepada anak, 
Anak akan tumbuh jadi anak PD.

Bagaimana cara nya kita meningkatkan SELF ESTEEM??
Berikut 8 langkahnya : ☺

1. Catat semua keunggulan, kelebihan dan prestasi yang telah kita punyai
Ketika kita mengetahui bahwa kita punya banyak
●  keunggulan
●  kelebihan 
●  prestasi 

Ini sangat membantu kita untuk meningkatkan kualitas SELF ESTEEM kita ☺ 

Ingat ya ! 

Oleh Tuhan kita diciptakan jadi pribadi yang unik dan terlahir jadi juara.
Kita terlahir di dunia ini adalah JUARA.

2. Berdamai dengan diri sendiri.

Ketika kita bisa memahami diri dan berdamai dengan diri sendiri,
Justru kita akan bisa menemukan jalan keluar untuk mengatasi kelemahan.
Bisa jadi kelemahan kita 
● mensupport oleh orang lain .
Orang lain mengajak kerja sama dan kelebihan dia bisa menutupi kelemahan kita.
● kadang justru kelemahan kita bisa jadi nilai tambah ☺
Misalnya saya lemah di mengelola keuangan.
Tapi saya jago di penjualan,
Kelemahan saya akan saya cover dengan teman yang lulusan akutansi.
● harus juga diingat...
Saat kita berprestasi dan berkontribusi luar biasa, 
Orang lain tidak peduli dan tidak memperhatikan kelemahan kita.
Jadi berdamailah dengan kelemahan diri.

Ada yang tahu kelemahan MESSI ?

Kelemahan paling besar dr Messi ada 1
*TIDAK BISA BAHASA INDONESIA* 

padahal ada puluhan juta fans Messi di Indonesia
Tapi apakah fans Messi di Indonesia peduli ? 
Mereka tidak peduli dengan kelemahan Messi.
Mereka focus pada kehebatan Messi.
Itu artinya....
Fokuslah pada kelebihan dan
Berdamailah dengan kekurangan.
3. Jangan menjelek2an diri sendiri 

_"saya orang gagal ... !"_

Kalimat negatif ini akan mensabotase kesuksesan kita 

Dan self Esteem kita semakin menurun

4. Terimalah PUJIAN dengan ANGGUN dan LAPANG DADA 

Kebanyakan orang lain itu malu dan menolak pujian dari orang lain ❌
Ini salah besar ❌

Pujian harus diterima dengan tulus sebagai penghargaan bagi diri kita dan penghormatan kepada orang yang memuji.
Dan kita wajib membalas pujian ini.
Ketika kita dipuji karena pintar dan cakep 

Biasanya kita membalas "aaaah saya biasa2 saja !"

Kelihatannya santun ❌

Tapi sebenarnya kita merendahkan orang yang memuji kita.
Orang itu bisa tersinggung karena kita merendahkan dia.

Jawaban yang elegan : 

"Terima kasih atas pujiannya .. sungguh merupakan kehormatan bagi saya karena saya dipuji oleh orang yang punya kepribadian hebat seperti anda.
Semoga anda juga semakin penuh berkah dan cemerlang"


Efeknya : 
Orang yang memuji dan yang dipuji sama2 senang dan semakin akrab"

5. Berteman dengan orang yang hebat, positif dan berprestasi 

Ini akan menularkan semangat dan membuat kita maju.

Ingat !

Kita wajib ramah dengan semua orang.
Tuhan memberikan hak prerogatif kepada kita untuk memilih teman 

Pilihlah teman yang positif
6. Tentukan ARAH HIDUP kita sendiri. 

Kita adalah empu dan tuan rumah atas kehidupan kita
Jangan sampai hidup kita di dekte orang lain 

Berani ambil tanggung jawab .

Ikuti kata hati atau nurani untuk berkarya
7. Berhenti membanding2kan kelemahan diri sendiri dengan keunggulan orang lain. 

Kita tendensi membanding2kan kelemahan dengan keunggulan orang lain 

Hasilnya kita akan terpuruk. 

Kita boleh membandingkan diri jika kondisinya sepadan 
🍏 vs 🍎

Keunggulan dengan keunggulan
8. Take action

Kita tidak akan punya SELF ESTEEM yang tinggi jika kita hanya jadi penonton.

Segera ambil tindakan serta berafirmasi *"SAYA PASTI BISA !!"*

Sebuah tindakan akan menciptakan momentum yang besar untuk meningkatkan SELF ESTEEM kita..

Sesi pertanyaan : 

Pak hendra tanya :
Self Esteem yang rendah ada Coach ?

Pak GM Agung Jawab : 
Ada dong pak Hendra⁩

Kualitas SE yang rendah itu bahayanya :

● punya harapan hidup yang rendah terhadap kesuksesan

πŸ™ˆ contoh : 

"Saya tidak suka dengan diri saya sendiri "

"Saya adalah seorang pecundang "
Saya dr keluarga miskin pasti susah sukses
Jika kita mempunyai SE yg rendah 

Sinyal yang rendah tersebut, akan ditangkap orang lain.

Dan orang lain akan memperlakukan kita dengan rendah.
Lama2 bisa putus asa.

Pak Cholik tanya : 
Rada susah kalau menilai diri sendiri ya coach...bisa sombong bisa juga minder 😁

Pak GM Agung jawab :

Sombong dengan paham diri sendiri itu beda 

Sombong itu tendensius mengunggulkan diri sendiri dengan cara merendahkan orang lain.

Self Esteem yang tinggi artinya paham dengan potensi diri *tanpa merendahkan orang lain*.

Bu Nunu Tanya :
Coach boleh di bantu nunuk ya beri kan tips nunuk utk mengendalikan emosi yg sering meledak πŸ™πŸΎπŸ™πŸΎπŸ™πŸΎπŸ™πŸΎπŸ™πŸΎ

Pak GM Agung jawab :
Berdamai dengan diri sendiri 

Memang bu Nunu⁩ itu Koleris 

Marah boleh kok itu manusiawi 

Marahlah dengan anggun 
● kritik sikapnya yang salah 
Bukan menyerang orangnya 

● pilih kata yang membangun 
Bukan kata yang menyudutkan 

Misal 
KAMU BODOH ! ❌

Yuk kita berfikir lebih smart ! ✅


Pak Andra tanya :
Thanks GM Agung Nugroho⁩ sharingnya malam ini. Satu pertanyaan ya coach, Bagaimana caranya supaya self esteem yang kita bangun tidak terlalu ketinggian, sehingga malah membuat kita terlena, menjadi menggampangkan segala sesuatu.

Pak GM Agung jawab:
Self Esteem harus tinggi pak supaya 
Kita harus menghargai diri kita tinggi 
Supaya orang lain juga menghargai kita,
Yang dilarang itu, kita menilai tinggi diri 
Tapi kita merendahkan orang lain.
Kepekaan kita kepada sesama akan membuat kita tetap humble.

Pak Andra tanya :
Kalau kita coaching salah satu sales dengan memberikan pujian supaya meningkatkan kepercayaan dirinya, takutnya malah dpt response yg salah baik dri sales tersebut, maupun dri sales yg lain coach.

Pak GM Agung jawab :
Pujilah dengan maksud dan tujuan yang jelas.
Sebut namanya, 
Sebut prestasi yang diraihnya.

Kasih waktu 10 menit untuk speak2 bgmn dia bisa meraih prestasi itu 

πŸ˜€πŸ˜€

Anton saya bangga krn kamu kemarin berhasil closing di customer yang galak 

Teman2 saya menghargai usaha anton ini yang gigih 

Yuk tepuk tangan bersama2 

Anton tolong share 10 menit strategimu yang hebat ini
Semakin sering kita memuji dan mengapresiasi 

Anak2 semakin semangat karena egonya terpuaskan 

Mereka akan terpacu dan tidak bersikap aneh.

Pak Cholik tanya : 
Boleh nasehat buat saya coach cara berdamai dengan kekurangan ...dan memulai dari mana .. supaya tidak minder jika bertemu orang ...special orang hebat ..😁

Pak GM Agung jawab : 

1. List semua keunggulan dan kelebihan kita.
Bersyukur atas karunia ini 

2. List semua kekurangan kita. 
Terima dengan lapang dada.
Lalu cari orang yang kira2 bisa membantu kelemahan kita.

Misalnya : 
Saya menulis artikel bagus 
Saya bersyukur 

Kelemahan saya itu tulisan tangan saya jelek pol 
Kenapa tulisan saya jelek ? Karena saya orang kinestetik 

Saya berdamai diri bahwa tulisan tangan saya jelek 

Solusinya : 
Saya nulis artikel nya pakai laptop or android 
Atau minta staff saya yang menulis , saya tinggal keluar kan suara saja apa yang harus ditulis 


πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

Rahasia bertemu dengan orang sukses supaya tidak minder dan diterima 

a. Bantu kepentingan orang tersebut 

Pak apa yang bisa saya bantu kepada bapak ? 

Orang akan terbuka kepada orang yang senang membantu 

b. Memuji dengan bertanya 

Wah saya ini mengagumi bapak yang sukses.
Boleh tahu pak apa kiat2 suksesnya supaya saya juga bisa belajar 

πŸ˜€

c. Saat ketemu orang sukses 🀭
Jangan minta kerjaan or pinjam uang 

πŸ˜€πŸ˜€

Jika kita bertanya pak apa yang bisa saya bantu kepada bapak ? 

Dia akan bertanya balik .. kamu bisa apa ? 

Saya bisa jualan dan memimpin team 

πŸ˜€πŸ˜€ disitu kita bisa beruntung di serahi  memimpin unit bisnis nya..



*Closing Statemen*

Jika kira punya team sales 
Sebagai pemimpin Apapun kondisinya kita harus terus memuji mengapresiasi semua efforts 

Sukses sales sangat dipengaruhi dari tinggi nya SELF ESTEEM mereka 

Terus puji dan berdayakan mereka 

Dampaknya mereka akan militan dan loyal bekerja bagi kita.

1 komentar:

  1. Numpang Komentar Ya Gan,
    Akan di adakan pertandingan Big Match, dan Tips Jitu Prediksi Bola dari hasilbola.vip
    Berikut tim Big Match yang akan saya beritahukan

    Tapi Sebelumnya, Silakan Kunjungi Artikel Prediksi Bola Online hasilbola.vip

    Prediksi Bola Celtic vs Lazio 25 Oktober 2019
    https://hasilbola.vip/prediksi-sepakbola/baca/2783/celtic-vs-lazio-25-oktober-2019/

    Prediksi Bola Getafe vs Basel 25 Oktober 2019
    https://hasilbola.vip/prediksi-sepakbola/baca/2788/getafe-vs-basel-25-oktober-2019/

    Anda Juga Bisa Melakukan Chatting Langsung Di Whatsapp Kami +62-8122-222-995

    Terima Kasih Sudah Membaca Komentar Saya

    BalasHapus

PENTING

*JELI MELIHAT PELUANG*

  *NEBENG SUKSES TETANGGA* DI sebuah jln di kawasan Renon - Denpasar Bali Baru dibuka bbrp bln lalu slh satu gerai Mie Gacoan. Sekitar 300 m...

Postingan Populer